Skip to content
Home » Blog » Sewa Office Space

Sewa Office Space

    Tips Memilih Sewa Office Space untuk Perusahaan Start-up

    Saat ini, kemudahan masyarakat dalam membuat perusahaan baru membuat start-up banyak bermunculan di Indonesia. Umumnya, start-up yang masih baru dan sedikit modal akan menggunakan tempat yang sederhana untuk dijadikan kantor. Misalnya rumah pemilik start-up itu sendiri. Meski demikian, ada juga beberapa pengusaha yang memilih sewa kantor bulanan dalam kegiatan operasionalnya.

    Memilih sewa office space menjadi pilihan bagi banyak orang khususnya ketika start-up baru berjalan selama beberapa bulan. Terlebih lagi jika Anda masih belum memiliki modal lebih untuk membeli properti seperti gedung dan lain sebagainya. Sehingga, pengeluaran perusahaan tidak akan membengkak dalam hal bangunan.

    Kelebihan utama sewa office space adalah dapat memperhatikan efektivitas dan dukungan lingkungan sekitar dengan lebih baik. Sehingga ketika Anda harus pindah kantor, maka bisa dipindah ke tempat yang sesuai dengan yang diinginkan.

    Tentunya dalam memilih sewa office space, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Di antaranya:

    1. Lokasi

    Memperhatikan lokasi kantor menjadi hal utama yang perlu Anda pertimbangkan. Sehingga, pilihlah lokasi sewa office space yang cukup dekat dengan berbagai tempat umum seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, kantor pemerintah daerah setempat, dan lain sebagainya. selain itu, pastikan juga jika lokasi sewa office space Anda tidak jauh dari tempat tinggal karyawan, terutama Anda sendiri.

    1. Fasilitas

    Tiap sewa office space memiliki beragam fasilitas yang ditawarkannya. Misalnya ketersediaan jaringan internet, telepon kabel, dan lain sebagainya. Sehingga, Anda perlu mempertimbangkan juga apakah Anda membutuhkan fasilitas tersebut atau tidak.

    1. Ruang Kerja

    Banyak dan luas ruangan di dalam sewa office space juga perlu Anda pertimbangkan. Setelah itu, perkirakan bagaimana Anda akan memaksimalkan kantor tersebut. Sehingga, Anda bisa berkemungkinan untuk memiliki ruang yang cukup untuk mengembangkan perusahaan, atau membuat fasilitas penunjang karyawan seperti dapur, ruang merokok, ruang istirahat, dan lain sebagainya.

    1. Keamanan

    Menyambung dari poin sebelumnya, selain mempertimbangkan fasilitas penunjang operasional perusahaan, pastikan juga sewa office space yang Anda pilih juga menyediakan fitur keamanan bangunan. Beberapa fitur yang paling sering dijumpai di tiap perusahaan antara lain sensor api, sprinkler, alat pemadam api ringan (APAR), hingga CCTV 24 jam.

    1. Perizinan Kantor

    Perhatikan juga jika sewa office space yang ingin Anda sewa termasuk bangunan dengan perizinan yang lengkap. Mulai dari akta tanah, izin mendirikan bangunan, pajak bumu bangunan, dan lain sebagainya. Tentu hal ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan wewenang antara pihak pemilik dengan penyewa.

    1. Masa Sewa Sesuai Dengan Perusahaan

    Setiap sewa office space memiliki masa sewa yang berbeda. Ada yang menawarkan pembayaran setiap tahun, ataupun ada juga yang menawarkan hingga lima tahun sekali. Agar tidak membebani cash flow perusahaan, ada baiknya untuk sewa office space dengan biaya sewa dan sistem pembayaran yang sesuai dengan anggaran perusahaan Anda.