Skip to content

MarketingFest 2024 Membuka Masa Depan AI Indonesia  dengan Menghubungkan Teknologi dan Industri

    Jakarta, 10 Desember 2024 – Exabytes Indonesia dengan bangga mempersembahkan MarketingFest  2024, gelaran inovatif dan menarik yang mempertemukan para pemimpin industri, inovator teknologi, dan  profesional pemasaran digital. Diselenggarakan pada tanggal 10 Desember 2024, di Soehanna Hall, SCBD,  Jakarta, MarketingFest 2024 “Connecting Technology and Industry for Indonesia’s AI Driven Future” akan  mengeksplorasi konvergensi yang kuat antara Kecerdasan Buatan (AI) dan industri di Indonesia serta  bagaimana AI dapat dimanfaatkan untuk mendorong inovasi, meningkatkan produktivitas, dan  meningkatkan daya saing di berbagai sektor. 

    Seiring dengan revolusi digital yang terus berlangsung, Indonesia berada di garis terdepan dalam  mengadopsi AI sebagai pendorong utama pertumbuhan dan transformasi bisnis yang berkelanjutan  terutama dalam membentuk perekonomian negara menuju Indonesia Emas. Menurut riset dari McKinsey,  Kearney, dan CSET 2023, AI (artificial Intelligence) dapat mendorong pertumbuhan ekonomi global dan  diproyeksikan pada tahun 2030 pemanfaatan AI dapat berkontribusi pada PDB Indonesia sebesar US$ 366  miliar (Rp 5.819 triliun) pada tahun 2030. Lanskap AI yang berkembang pesat siap untuk mendorong  gelombang transformasi industri berikutnya di Indonesia.  

    “Indonesia memiliki berbagai tantangan klasik yang sejatinya dapat diatasi melalui adopsi kecerdasan  buatan/artificial intelligence (AI). Mulai dari isu ketahanan pangan, mitigasi bencana, hingga perencanaan  kota berbasis data, AI menghadirkan potensi luar biasa untuk mentransformasi cara kita menyelesaikan  masalah. Namun, mewujudkan transformasi ini memerlukan kolaborasi serius dari semua pemangku  kepentingan, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat. Di sektor ekonomi, tantangan seperti  menurunnya daya beli pada segmen tertentu menyebabkan banyak UMKM mengalami kelesuan. Namun,  di sinilah AI bisa menjadi solusi inovatif. Dengan kreativitas yang tepat, AI dapat digunakan untuk  meningkatkan efektivitas pemasaran, memberikan pengalaman pengguna yang lebih personal, atau  bahkan menciptakan nilai tambah baru dalam produk dan layanan.” ujar Indra Hartawan, Country  Manager Exabytes Indonesia

    Selain itu Putra Candra Buana, owner dan direktur PT. Titik Terang Kreatif dan Moroskato mengatakan,  “Akselerasi yang cepat dari Artificial Intelligence (AI) di seluruh industri memiliki potensi besar untuk  mengubah cara kita beroperasi, berinovasi, dan mendorong efisiensi. Di PT. Titik Terang Kreatif, kami  berkomitmen untuk merangkul teknologi AI yang mendorong pertumbuhan dan menciptakan masa depan  yang lebih cerdas dan lebih berkelanjutan untuk Indonesia.”  

    MarketingFest 2024 akan menampilkan bagaimana bisnis dapat memanfaatkan teknologi AI mutakhir  untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, merampingkan operasi, dan menciptakan peluang baru  untuk pertumbuhan. MarketingFest 2024 meyakini bahwa menghubungkan teknologi dengan industri  bukan hanya tentang mengadopsi alat baru, tetapi juga tentang menciptakan ekosistem berkelanjutan  yang memberdayakan masyarakat, mendorong inovasi dan pertumbuhan inklusif di era digital. 

    “Acara MarketingFest 2024 merupakan platform yang tepat untuk mengeksplorasi potensi transformatif  dari Artificial Intelligence untuk masa depan Indonesia. Mengusung tema “Connecting Technology and  Industry for Indonesia’s AI Driven Future“, jelas bahwa AI bukan hanya tentang efisiensi tetapi juga tentang  berpikir out of the box untuk membuka peluang-peluang baru. Masa depan adalah tentang inovasi, dan  AI memberi kita alat untuk menata ulang cara kerja industri, memungkinkan solusi yang lebih cerdas,  pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan hasil yang lebih berdampak.” ujar Rizky Wulan Kinanthi – Account Manager Lynk Media Group.
    MarketingFest 2024 menjadi salah satu acara yang paling memikat dan berdampak di tahun ini. Dimana  MarketingFest 2024 berfungsi sebagai platform bagi bisnis untuk belajar, berkolaborasi, dan  memanfaatkan AI untuk tetap menjadi yang terdepan dalam lanskap digital yang berubah dengan cepat  serta menawarkan pengetahuan praktis yang dapat diterapkan oleh para peserta pada bisnis dan industri  mereka. The future is now. Indonesia berada di ambang revolusi AI, dan Marketingfest 2024 adalah  kesempatan untuk menjadi yang terdepan dan terhubung dengan para profesional yang mendorong  perubahan di era digital.